Thursday, November 20, 2014

Contoh Algoritma

Iseng ajah nih Bro n Sist habis ngampus di STMIK MUHAMMADIYAH PAGUYANGAN, hahaa.. Gayanya pake bahasa "ngampus". Saya dapat ide bikin postingan " Contoh Algoritma ".
OHEE,,, mari simak dulu pengertiannya!
Algoritma adalah urutan langkah langkah untuk memecahkan suatu masalah. Intinya seperti itu walaupun banyak definisi lain dari Algoritma. Setiap Algoritma pasti ada masalah dulu yang harus dipecahkan.
Jangan banyak ceramah, sesuai judul yuks saya kasih contoh:

Contoh Algoritma
1. Misalkan Ada 2 buah ember. Ember A berisi Air berwarna merah dan Ember B berisi air berwarna Biru. Volume air keduanya sama. Bagaimana menukarkan isi kedua ember sehingga Ember A berisi Air Biru dan Ember B berisi Air Merah?

Penyelesaian!
Kita tidak bisa menukarkan isi dari kedua ember begitu saja karena pasti terjadi percampuran. Agar bisa ditukarkan kita butuh " ember C " sebagai alat tambahan. Sehingga kita bisa menjalankan langkah langkah sebagai berikut!
1. Tuangkan Air di Ember A ke dalam Ember C ( air warna merah)
2. ( Ember A sudah kosong ) tuangkan Air di ember B ke dalam ember A ( Air warna Biru )
3. ( Ember B yang sekarang kosong ) tuangkan air di ember C ke ember B. (Air warna Merah )
4. Jadi kondisi Akhir Ember A berisi air warna biru dan ember B berisi air warna Merah, ember C sudah kosong lagi. Hasil sesuai dengan permasalahan.

Begitu sedikit contoh ALGORITMA,, betul salahnya monggo yang baca materi ini di koreksi. INTINYA LOGARITMA itu gunakan LOGIKA. Ohee??? :D
Semoga bermanfaat Bro n Sist..
Tunggu Postingan Berikutnya yaaa...
NurulSPARTAN99.Blogspot.com

#SALAM SPARTAN

No comments: